Welcome to My Personal Blog

Why Centos

49646-2CentOS merupakan singkatan dari Community Enterprise Operating System, CentOS merupakan distro favorit saya untuk dijadikan sebuah server karena kehandalan dan stabilitasnya. Centos dibuat untuk memenuhi kebutuhan platform linux server yang enterprise tapi free, sejak Redhat sudah memutuskan untuk menjadi linux enterprise yang berbayar. Beberapa alasan saya menggunakan centos antara lain:

Stabil, Centos termasuk salah satu distro linux yang stabil, cocok digunakan untuk server karena penggunaan memori nya rendah dan ketika proses berjalan tinggi, penggunaan memori akan kembali dengan cepat seperti semula.

Software, Sama dengan ubuntu, centos juga menyediakan repository dan bahkan ada repository tambahan seperti EPEL dan REMI jika memerlukan tambahan aplikasi. Centos menggunakan manajemen rpm, bukan deb untuk aplikasinya. layaknya apt-get, centos juga memiliki manajemen software yaitu yum.

Support, Dukungan untuk centos baik dokumentasi dan forum sudah cukup banyak walaupun tidak sebanyak ubuntu tapi dirasakan cukup untuk memenuhi kebutuhan troubleshooting. Banyak tutorial yang tersedia tentang centos karena centos merupakan distro terbanyak yang digunakan untuk hosting oleh berbagai provider.

3rd Party, Centos banyak didukung oleh 3rd party application seperti Cpanel, Plesk, Cloud System dll. Sehingga kebanyakan aplikasi tersebut menyarankan centos menjadi platform OS nya.

Secure, Centos termasuk salah satu distribusi linux yang secure by default, karena centos menganut SElinux (Security Enhanced Linux) yang standardnya sudah enforcing (walaupun terkadang menyulitkan).