Dual Boot XP dan 7 (Win7 Installed First)

Saya dapat ini karena salah seorang teman saya dual boot XP dan Windows 7, tapi masalahanya windows 7 nya sudah di install duluan. Kalau seandainya XP di install duluan kemudian baru 7 tidak ada masalah.. soalnya windows 7 bisa secara langsung mendeteksi OS sebelum nya. Setelah windows XP nya selesai di install tidak ada pilihan untuk masuk ke OS 7, langsung masuk ke XP.

Nah, Saya coba untuk bikin entri nya dengan mengedit boot.ini ternyata tidak bisa. agak deseperate juga sih :-< tapi dengan semangat ingin tau saya cari ke goole dan forum2, tidak ada solusi yang gampang. Terus ketemu Aplikasi Namanya Vista Boot Pro dari sebuah blog, langsung download dan cobain dan berhasil. Bisa download Vista Boot Pro itu di link ini file nya kecil kok 😉 Berikut Caranya:

  1. Download dan install program tersebut
  2. Jalankan Vista Boot Pro, pilih tab System Boot Loader
  3. Ceklis Windows Vista Boot Loader  pada bagian “choose A System Bootloader to Install”
  4. Ceklis All Drives pada bagian “System Boot Loader Install Options”
  5. Klik Install Boot Loader
setelah itu pilih di menu diagnostik dan “Run Diagnostic” maka vista boot pro akan langsung mencari semua OS yang ada. Terakhir baru pilih menu Manage OS Entries, terlihat ada dua OS yaitu windows 7 dan Windows Xp. silahkan Rename kalau perlu, kalau tidak perlu langsung aja save/updae entri. Restart komputer, maka langsung terlihat pilihan saat booting. 😉
Berikut Tampilan Vista Boot Pro:
Vista Boot Pro

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: