The Express Holiday

The Express Holiday , Begitu saya menyebutnya.. Kenapa? ya kerna memang saya liburan dan waktunya sangat singkat sekali. Awal mulanya ketika saya mendaftarkan diri ke acara seminar nasional abecindonesia.org di batam, saya mendaftarkan dua buah paper penelitian saya tentang kompresi filesystem dan cloud computing.

Seminar ABEC

Seminar ABEC

Ternyata kedua paper saya diterima dan dipanggil untuk presentasi makalah, setelah dilihat schedule ternyata ada rangkaian acara One Day  Tour ke singapura. Nah, mumpung passpor ada dan udah di batam (tinggal nyebrang) saya ikut mendaftarkan diri.

Hari pertama di batam tidak ada yang spesial, setelah presentasi paper yang cuma 10 menit selesai dan acara berakhir sore hari saya cuma sempat main ke mall. 🙂 Lumayanlah merasakan mall di batam (Mega Mall, BCS dan Nagoya), sempat juga nonton film yang baru keluar Thor 2 bareng dengan Arief dan Eci mahasiswa yang juga ikut presentasikan paper mereka.

Gardens by the Bay

Gardens by the Bay

Hari kedua lah acara one day tour to singapore nya, 06.30 sudah dijemput ke hotel dan berangkat ke pelabuhan. Dari peserta seminar ABEC sekitar 24 orang yang ikut dalam tour ini, seru juga teman teman peneliti yang lain (tapi sepertinya saya yang paling muda). Tempat pertama yang dikunjungi setelah melapor di imigrasi singapura adalah Gardens by the Bay. Taman ini cukup terkenal di singapura karena mempunyai banyak objek unik pada taman tersebut.

Tempat berikutnya yang dikunjungi adalah icon negara singapura, yaitu Merlion. Tapi sayang sekali pada saat kamit tiba disana patung merlion tersebut sedang dipugar atau direnovasi, jadi hanya bisa bermain sekitar taman, patung merlion kecil dan singapore river cruise.

Chinatown Complex

Chinatown Complex

Tidak lama disana kami langsung pindah ke chinatown, biasanya disini hanya tempat untuk belanja dan beli oleh oleh. Chinatown terkenal dengan harga belanja yang murah, tapi yang saya lihat bukan karena murahnya tapi kreatifitasnya. Barang yang dijual disini biasa saja, tapi kreatif seperti menampilkan gambar, slogan dan icon singapore.

Saya sendiri tidak banyak belanja karena memang waktunya sangat singkat, hanya keliling-keliling mencari objek unik untuk difoto. Ternyata ada satu objek unik yaitu patung orang china yang sedang berlutut seperti pada zaman dinasti china.

Selesai dari chinatown kami langsung makan siang, hmm di singapore harus hati-hati dengan makanan karena banyak yang tidak halal. Kami sendiri pergi ke sebuah restoran yang sudah jelas dan masakannya indonesia, tempatnya sekitaran pemukiman muslim india.

Selesai makan kami langsung bergerak lagi ke Orchad Road , jalan ini terkenal karena sepanjang jalan ini adalah pusat perbelanjaan kelas atas. Buat saya? no way, mahal bo. Cuma foto aja di orchad road karena uniknya dijalan ini banyak burung merpati dan nangkring di taman tanpa merasa terganggu oleh manusia.

Universal Studio Sentosa

Universal Studio Sentosa

Sisa dari perjalan ini kami habiskan di Sentosa island, karena disini banyak sekali tempat termasuk yang terkenal adalah Universal Studio. Sentosa memiliki banyak objek dengan area terpisah dan dihubungkan dengan jalur monorail. Objek pada sentosa sangat banyak mulai dari pantai, imbiah, siloso, taman permainan sampai patung merlion yang besar juga ada.

Saya rasa untuk menjelajah sentosa island dibutuhkan lebih dari satu hari karena begitu banyak objek. untuk itu saya ingin kesini lagi suatu saat nanti. Malam harinya kami kembali ke batam dengan ferry tiba kembali sekitar pukul 21.00.

Esok harinya saya terbang kembali ke pekanbaru, tiba siang hari sekitar pukul 12.00. Dan ekstrimnya lagi saya melanjutkan liburan ke bandung berangkat sore itu juga bersama teman-teman ComEng 10. Itulah cerita singkat saya seputar express holiday, dalam waktu kurang dari 5 hari saya mengunjungi Batam-Singapura-Bandung dan kembali ke Pekanbaru hari minggu malam. 🙂

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: