Welcome to My Personal Blog

Gagal Sidang, Salah Siapa?

Proyek Akhir mahasiswa, ya akhir akhir ini saya disibukkan dengan hal ini. Kenapa tidak, hampir semua mahasiswa bimbingan saya baru bergerak saat diujung waktu, saya tidak akan curhat soal itu pastinya. Coba kita pahami apa makna dari proyek akhir / skripsi itu? proyek akhir adalah langkah akhir di tahapan perkuliahan yang dilalui mahasiswa, hal ini merupakan bentuk review paling akhir terhadap apa yang didapatkan selama perkuliahan. Proyek akhir akan menjadi proses evaluasi apakah pembelajaran yang disampaikan dapat diterapkan (mungkin jadi produk) dari konsep yang dipelajari selama kuliah.

Lalu apasih yang menyulitkan proyek akhir? menurut saya, ada beberapa hal yang sebetulnya perlu diperhatikan mahasiswa dalam proyek akhirnya. Apa saja? coba kita runut dari awal prosesnya.

pengajuan judul : pada step ini cenderung mahasiswa tidak melihat potensi dari dirinya, kemampuan dan rasioanlitas. Punya cita cita tinggi terhadap suatu hal boleh saja, tapi apakah mungkin dilakukan? harus dilihat dulu. Misalkan, si udin punya ide untuk proyek akhirnya membuat sebuah pesawat model teknologi terkini. Maka udin harus memikirkan, waktu apakah mencukupi? kemampuan diri, apakah dia bisa? minat, apakah dia suka akan hal itu? jika dia suka, maka sulitpun akan dipelajarinya.

evaluasi judul dan mendapatkan pembimbing : setelah pengajuan judul, maka judul yang diajukan akan direview oleh tim judul, banyak hal yang diperhatikan mulai dari kemampuan, waktu, manfaat dll. setelah judul diterima, maka judul tersebut akan melekat bersama pembimbing nya. Biasanya pembimbing ada dua orang, dan akan ditempatkan sebisa mungkin sesuai dengan judul dan kompetensinya.

Proses bimbingan: pada saat proses ini mahasiswa sering lengah dan kecolongan, pembimbing akan mengarahkan mahasiswanya sesuai dengan bidang keilmuannya agar tidak melenceng dan fokus. step di proses ini adalah yang paling lama, baik dalam proses pembuatan proposal maupun dalam penyusunan laporan akhirnya. pada proses ini sangat dituntut konsistensi mahasiswa terhadap proses bimbingan, ingat ya yang dilihat adalah prosesnya. Biarlah progressnya sedikit asalkan rutin dan jalan terus.

Sidang/Seminar: step ini adalah proses mahasiswa mempresentasikan proyek akhirnya, baik dalam proposal maupun laporan akhir. Step ini menjadi penentu karena ada hasil yang terlihat dan dapat dinilai oleh tim penguji. Sesuai judul, jika gagal sidang lantas salah siapa? kalau kita lihat dari runut diatas maka hal hal yang bisa jadi penyebabnya adalah:

  1. judul yang diajukan atau diambil tidak sesuai dengan kemampuan, waktu dan minat/bakat mahasiswanya.
  2. evaluasi judul dan mendapatkan pembimbing yang bukan pada kompetensinya (katanya masalah). well, menurut saya ini memang menjadi kesulitan, tapi ingat walaupun pembimbing tidak sesuai kompetensinya, namun beliau tetap bisa mengarahkan dengan baik secara konseptual. Tantangan bagi mahasiswa untuk mencari dan menggali lebih dalam lagi.
  3. menunda-nunda bimbingan dan pengerjaan proyek akhir. ada banyak mahasiswa yang terjebak disini, mulai dari menunda karena malas, karena melihat teman belum progress, kecanduan game, kesibukan proyek atau kerja. Seperti yang saya tulis diatas, yang dilihat disini adalah prosesnya, karena dari situ kesiapan kita mulai terbentuk. Mahasiswa rata rata memiliki waktu 1 tahun untuk proyek akhirnya (proposal dan pengerjaan), apakah itu tidak cukup? pasti akan cukup jika tidak menunda dan malas malasan.
  4. membuat laporan juga menjadi salah satu kendala, ada mahasiswa yang sangat baik dalam hal teknis namun tidak dapat menuangkannya dengan baik pada laporan. Bisa teratasi dengan konsisten dan menuliskan perlahan lahan. Dalam menyusun laporan, yang menjadi kesulitan biasanya adalah, bagaimana memulai dan  menjaga semangat untuk menuliskan.
  5. kesiapan saat sidang / seminar juga menjadi penyebab gagalnya sidang, pada saat sidang kita dituntut untuk all-out, semua yang dilakukan ditampilkan dan disajikan dengan baik. beberapa mahasiswa tidak siap sebelum berperang, misalkan laporan masih belum rapih, presentasi asal asalan, konsep dasar tidak dipahami.

mungkin itu saja yang saya bisa share/ceritakan semoga ada yang bermanfaat. Semoga kita semua lancar dalam menjalani proyek akhir (khsusnya bimbingan saya) 🙂 semangat terus, semoga sukses dan wisuda tepat waktu. Ingat orangtua dan orang orang yang disayangi 😉

Tinggalkan Komentar