Install Apache Webserver pada CentOS

CentOS adalah singkatan dari Community ENTerprise Operating System, Sistem operas linux ini sangat populer dan paling banyak digunakan sebagai server karena terkenal handal, stabil dan ringan. Karena kehandalannya beberapa perusahaan bahkan menjadikan CentOS sebagai standar untuk produk mereka, seperti CPanel, Plesk dll.

Saya tidak banyak cerita tentang CentOS nya, tapi saya akan berbagi cara untuk membuat sebuah webserver standar (Apache, PHP, MySQL) pada sistem oprasi ini. Webserver tidak harus menggunakan Apache, tapi karena karena paling banyak user menggunakan apache saya akan share Install Apache Webserver pada CentOS.

Install semua paket yang dibutuhkan (apache, php, mysql)

yum install httpd php mysql-server php-mysql

Jalankan service apache dan mysql

service httpd start
service mysqld start

Defaultnya service yang di install pada sistem operasi CentOS tidak dijalankan pada startup, maka kita harus hidupkan dua service diatas pada startup. Ketika server dimatikan/restart kita tidak perlu lagi menjalankan secara manual

chkconfig --levels 235 httpd on
chkconfig --levels 235 mysqld on

Mysql yang sudah diinstall dan sudah running diatas belum di setup database default nya, untuk itu jalankan :

mysql_secure_installation

Akan muncul wizzard dan ikuti saja instruksinya, nanti akan diminta utuk memasukkan password untuk root mysql. jika sudah selesai maka webserver sudah selesai di pasang dengan baik. Cek dengan mengakses server lewat browser di sisi client, ketik https://alamatipserver/ . Jika sudah muncul centos default page, maka webserver sudah terinstall dengan baik.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: