Install Openmeeting di Ubuntu

Openmeeting adalah salah satu perangkat lunak gratis berbasis browser yang memungkinkan Anda untuk mengatur langsung sebuah konferensi di Web. Anda dapat menggunakan mikrofon atau webcam, berbagi dokumen pada papan putih, berbagi layar atau pertemuan rekaman. Hal ini tersedia sebagai host layanan atau Anda download dan menginstal sebuah paket pada server Anda tanpa batasan dalam penggunaan atau pengguna.

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah menginstall paket dan librari aplikasi yang dibutuhan, untuk menginstallnya bisa menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get install apache2 mysql-server php5 ffmpeg flvtool2 mencoder lame libogg0 php5-ffmpeg php5-curl curl libapache2-mod-php5 php5-mysql lynx-cur libapache2-mod-speedycgi phpmyadmin nmap openjdk-6-jre

Selanjutnya download openmeeting dari apache di https://openmeetings.apache.org/ kemudian extract di folder yang diinginkan, dalam modul ini contohnya pada direkotri /var/www/

mkdir /var/www/openmeetings
cd /var/www/openmeetings
wget -c https://apache.mirrors.pair.com/openmeetings/2.1.0/bin/apache-openmeetings-2.1.0.tar.gz
tar xvzf apache-openmeetings-2.1.0.tar.gz

Setelah di ekstrak jalankan service red5 yang sudah disediakan pada folder openmeetings, red5 merupakan service berbasis java yang digunakan untuk live sreaming. Port yang digunakan oleh red5 adalah 5080. Untuk mengaktifkan service tersebut ketik perintah berikut:

chmod +x red5.sh
./red5.sh &

Selanjutnya pada client akses melalui browser alamat ip server dengan port 5080 dan lakukan prosses install, maka pada url browser ketik alama url https://ipserver:5080/openmeetings/install . Ikuti wizardnya dan isikan option yang diperlukan termasuk path dari coder dan library. Setelah setup selesai, openmeeting sudah bisa dipergunakan untuk video conference, tampilannya seperti ini:

done

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: