Install SSH Server dengan Cygwin di Windows

SSH merupakan salah satu protokol yang sering digunakan untuk melakukan akses remote command-line pada sebuah sistem operasi/server. SSH Server dapat dengan mudah kita temui pada sistem operasi linux, namun tidak ada pada windows. Window secara default memiliki Remote Desktop Connection (RDP) untuk akses jarak jauh melalui jaringan. Namun demikian, ssh server dapat di install pada sistem operasi windows dengan bantuan aplikasi cygwin.

Cygwin merupakan sebuah aplikasi atau utility yang dibuat untuk memilki compabillity dan fungsionalitas seperti GNU/Linux. Pada Cygwin tidak hanya ada SSH Server, namun banyak aplikasi aplikasi Linux yang lain, nah kita coba kali ini untuk instalasi SSH Server.

Langkah pertama download Aplikasi Cygwin pada webiste resminya (sesuaikan 32 bit atau 64 bit pada windows anda).  Kita bisa download pada link ini.

Setelah download, install cygwin, lalu akan muncul prompt pemilihan aplikasi seperti digambar berikut

Screenshot from 2015-11-30 15-12-10

pada kolom search ketik paket yang kita perlukan (dalam hal ini openssh), pastikan openssh server sudah terpilih untuk di install. Selanjutnya cygwin akan menyelesaikan masalah dependensi dan paket lain yang harus ikut di install.

Screenshot from 2015-11-30 15-12-31

Selanjutnya pilih next dan download paket serta instalasi akan dimulai

Screenshot from 2015-11-30 15-12-48

Jika sudah selesai, maka kita tinggal buka aplikasi cygwin terminal dan akan muncul tampilan sepeti command-prompt. Kita harus mengetikkan beberapa hal untuk konfigurasi SSH, yaitu:

ssh-keygen -t rsa -N ''
ssh-host-config

Langkah terakhir, jalankan service SSH Server dengan perintah berikut:

cygrunsrv -S sshd

Jika selesai tidak ada masalah , maka kita tinggal mencoba melakukan remote akses melalui SSH dengan sistem operasi lain di jaringan. Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: