Membuat Hotspot di Win8 Dengan Command Prompt

Memiliki sebuah smartphone (gadget) tentunya menambah cost, ya pastinya yaitu paket data (apalagi yang kaya punya banyak gadget). Untuk menghemat cost terkadang terfikir untuk share koneksi internet (LAN) dan menjadikan laptop sebagai wifi, semua gadget terkoneksi ke laptop sehingga menghemat penggunaan packet data. Solusi ini sudah banyak bertebaran, apalagi sudah banyak program pendukung, sebut saja connectify yang sudah menyediakan solusi agar laptop dapat menjadi hotspot. Nah, berhubung saya menggunakan windows 8 ternyata dengan versi windows ini bisa membuat sebuah hotspot tanpa tambahan software aplikasi. Hal ini bisa dilakukan dengan bermodalkan command prompt (CMD), syaratnya CMD tersebut dijalankan sebagai adminisrator (“run as administrator”). Berikut cara Membuat Hotspot di Win8 Dengan Command Prompt:

Pertama sekali buka CMD dengan mode administrator (cukup dengan klik kanan command prompt nya) akan muncul “run as administrator”, setelah terbuka ketik perintah berikut:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="fadhly" key="123456"
netsh wlan start hostednetwork

Perintah tersebut akan membuat sebuah adapter virtual baru pada networ connection anda, sehingga kita bisa melakukan internet sharing seperti biasanya “right klick LAN adapter –> share”. Sesuaikan SSID dengan nama hotspot yang diinginkan, dan key yang diinginkan. Untuk melihat status dari hotspot tersebut (termasuk siapa yang terkoneksi) bisa ketik perintah berikut:

netsh wlan show hostednetwork

Segitu aja, simple kan? semoga bermafaat. Biasanya perintah sederhana seperti ini yang sering lupa 😀

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: