Welcome to My Personal Blog

Memperbesar Partisi Root pada LVM

Baik, langsung saja karena saya sudah pernah post tentang LVM. Kali ini saya mau share tentang cara memperbesar partisi / (root) dengan cara mengambil space pada /home. Secara default instalasi, jika kita menginstall CentOS dan Use Entire Disk, maka centos akan membuat LVM dengan ukuran partisi root yang disesuaikan (dalam kasus saya 50GB). Nah apabila partisi tersebut dirasakan kurang, kita bisa memperbesar ukurannya dengan cara memperkecil /home dan mengambil space nya. Berikut langkah-langkahnya:

Unmount /home/ dengan perintah

umount /home

Selanjutnya check partisi /home apakah ada error atau tidak, dan perkecil ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Perintahnya:

e2fsck -f /dev/mapper/vg_centos-lv_home
resize2fs /dev/mapper/vg_centos-lv_home 100GB

Ukuran /home akan menjadi 100GB, dan kita harus melakukan pengurangan pada LVM nya dengan perintah

lvreduce -L 100G /dev/mapper/vg_centos-lv_home

Tambahkan sisa space yang dikurangi ke partisi / (root) dengan perintah

lvextend -l +100%FREE /dev/mapper/vg_centos-lv_root

Dengan seperti itu maka space yang tadinya belum dibuat partisi akan masuk ke partisi root. selanjutnya perbesar partisi root dengan printah:

resize2fs /dev/mapper/vg_centos-lv_root

Maka proses memperbesar root akan dijalankan, tunggu sampai selesai. jika sudah, maka selanjutnya tinggal melakukan mount ulang untuk partisi /home

mount /home

Dengan begitu kita sudah berhasil memperbesar partisi / dan memperkecil /home pada LVM linux tanpa harus melaukan format ulang. Disinilah salah satu kelebihan LVM. 🙂

4 Comments

Tinggalkan Komentar