Semester lalu saya mengampu matakuliah Administrasi dan Keamanan Jaringan Komputer, kebetulan sekali pada semester ini laboratorium jaringan mendapatkan peralatan baru yaitu Mikrotik Rb951-2n sebanyak 16 buah. Jadi pada praktikum AKJK saya dan dosen pengampu yang lain langsung menggunakan alat tersebut untuk dipraktekan.

Masalah bermunculan, karena kelas yang menggunakan banyak, setelah dikonfigurasi maka router harus dikembalikan ke konfigurasi standar. Ada beberapa cara yang dapat dipergunakan untuk melakukan Reset Mikrotik Routerboard

Cara Pertama dengan Soft Reset, reset dilakukan dengan menggunakan perintah diterminal mikrotik (bisa juga menggunakan winbox)

/system/reset-configuration

dengan perintah diatas, mikrotik akan melakukan reset konfigurasi dan restart. Hanya saja perintah diatas masih meninggalkan konfigurasi default, jika tidak ingin ada konfigurasi default bisa ditambahkan baris perintahnya seperti berikut (saya biasanya pakai yang ini)

/system/reset-configuration no-default=yes

Cara Kedua dengan hard reset, reset mikrotik dengan cara ini tidak dianjurkan karena kalau sering sering bisa merusak alat. Biasanya cara ini dilakukan jika routerboard sudah tidak terdeteksi, atau username password tidak diketahui. Untuk mereset routerboar dengan cara ini :

  • Matikan Routerboard
  • Tekan dan tahan tombol reset yang ada pada belakang routerboard
  • Pasangkan power routerboard (masih sambil menekan tombol)
  • Tunggu sampai lampu ACT yang ada dibelakang berhenti berkedip, kemudain lepaskan tombol reset.

Cara Ketiga dengan membongkar routerboard, lakukan ini jika garansi anda sudah habis 😀 . Pada setiap routerboard terdapat rangkaian setengah lingkaran yang sengaja dibuat untuk hard reset routerboard. Hubungkan kedua rangkaian tembaga tersebut dengan obeng, lalu hidupkan routerboard. Gambar Rangkaian routerboard bisa dilihat seperti gambar dibawah ini:

CRW_5184Semoga bermanfaat 😀

2 Comments

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.