Upgrade Mikrotik dengan Netinstall

Sebelumnya saya sudah cerita tentang Mikrotik Routerboard Rb951-2n yang kami pakai untuk praktikum, yang namanya untuk praktikum setiap selesai konfigurasi mahasiswa diwajibkan untuk melakukan reset ulang ke konfigurasi default. Nah, masalah yang sering timbul adalah pada saat praktikum ada bebearapa mikrotik yang tidak terdeteksi oleh winbox sehingga dipaksa untuk selalu hard reset dengan menekan tombol yang ada pada mikrotik.

Pada satu kasus, Rb951-2n itu tetap tidak terdeteksi oleh winbox walaupun sudah di lakukan reset berulang ulang. Saya juga selaku pengampu jadi kebingungan, seandainya satu persatu routerboard rusak seperti itu gimana kedepannya? Lalu saya cari-cari dan pelajari, muncullah ide untuk install ulang Mikrotik OS nya (sekalian upgrade). Bisa dibilang ini salah satu cara untuk reset mikrotik jika semua cara sudah dilakukan dan tidak berhasil, nah untuk upgrade mikrotik dibutuhkan sebuah software yang disebut Netinstall. Berikut langkah langkah Upgrade Mikrotik dengan Netinstall:

  • Download  aplikasi netinstall dari Mikrotik disini
  • Download file *.npk yang diperlukan untuk proses upgrade, pilih yang sesuai dengan seri mikrotik kita (saya Rb951-2n) download masih di link Download Mikrotik
  • Hidupkan mikrotik dan hubungkan dengan komputer (saya coba Ether1 ke Komputer), lalu pada komputer set ip statik 192.168.88.254

Unzip dan jalankan program Netinstall, Klik tombol Net Booting, Ceklis Boot Server Enabled. Lalu isikan IP 192.168.88.10. Sebenarnya IP ini bisa apa saja, asalkan dalam range network dan bukan ip komputer yang kita pakai.

bootserv

Tekan dan tahan tombol reset, matikan routerboard dan hidupkan kembali sambil tetap menahan tombol resetnya. pastikan routerboard sudah terdeteksi sama program netinstall.

NetinstallC4

Jika sudah terdeteksi, klik tombol browse lalu pilih file *.npk yang tadi kita download, dan klik install

Tunggu sampai proses formatting dan installing selesai, biasanya routerboard langsung reboot. Jika sudah restart maka routerboard sudah berhasil di upgrade/reinstall. Silahkan cek kembali dengan winbox 😀 seharusnya routerboard kembali seperti kondisi baru 🙂

2 thoughts on “Upgrade Mikrotik dengan Netinstall

  1. Anonymous

    Betul Mas, kondisi seperti ini sering terjadi untuk RB yang sering hard reset, apalagi untuk praktikum siswa atau mahasiswa yang bahkan tiap hari selesai praktikum harus di reset karena gantian di pakai kelas lain. salam dari pekalongan.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: