Welcome to My Personal Blog

Why Ubuntu

powered_by_ubuntuUbuntu merupakan salah satu distribusi linux favorit saya, sudah sangat saya kenal karena semenjak bergabung dengan IGOScenter Bandung dan POSS UPI selalu menggunakan ubuntu. Ubuntu merupakan distro linux yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan afrika selatan yaitu Canonical,Ltd. Ubuntu memegang slogan linux for human beings, dengan prinsipal seperti itulah logo ubuntu dibuat menyerupai orang orang yang saling berpegangan tangan dan melingkar (tampak atas). Kembali ke judulunya, kenapa memilih ubuntu? saya pribadi mengemukakan alasan-alasan berikut:

Support, Ubuntu merupakan distribusi linux yang memiliki support sangat banyak. dokumentasinya tersebar dimana mana termasuk komunitas penggunanya. Salah satunya dipekanbaru ada PUTY (Pekanbaru Ubuntu Community) yang disupport oleh Politeknik Caltex Riau, dan kebetulan saya adalah pembina nya.

Rilis Teratur, Ubuntu dibuat rilis pertamanya bulan oktober 2004 dan sejak itu secara teratur Ubuntu selalu mengeluarkan rilis setiap 6 bulan sekali. Maka rilis ubuntu selalu berada pada bulan April (04) dan Bulan Oktober (10), Code rilis ubuntu menggunakan tahun dan bulan rilis nya, setiap rilis memiliki codename yang selalu menggunakan species hewan. Contoh: 12.04 (Precise Pangolin),  12.10 (Quantal Quetzal, 13.04 (Raring Ringtail), 13.10 (Saucy Salamander).

LTS Support, Ubuntu merilis versi stabil yaitu 04 dengan rilis LTS yang artinya Long Term Support. Rilis LTS ini bagus untuk digunakan sebagai OS server karena supportnya akan jalan terus, jika ada bugs, report, update termasuk software aplikasi terbaru untuk versi LTS ini selalu didukung.

Software, Ubuntu merupakan distribusi yang aplikasi dukungannya sangat banyak dan dibundle dalam satu paket yang disebut Repository. Software aplikasi ini dikeluarkan seiring dengan rilis resminya, selain versi internet yang disimpan di server juga ada repository aplikasi yang dibundle dalam DVD. Jadi bagi pengguna ubuntu, sangat mudah untuk memasang aplikasi tambahan melalui repository.

Upgrade, Untuk melakukan upgrade ubuntu sangat mudah karena ada repository, cukup dengan mengarahkan repository ke versi lebih baru maka ubuntu bisa diupgrade secara langsung tanpa harus melakukan install ulang.

Driver, Ubuntu memiliki dukungan hardware yang cukup banyak sehingga dapat diinstall pada komputer mana saja, sejauh yang saya gunakan ubuntu belum ada masalah dengan core driver komputer kita.