Welcome to My Personal Blog

Why Slackware

Slackware merupakan distro linux favorit saya dan selalunya slackware saya pakai dalam setup server dan pc router. Lantas kenapa saya pilih slackware? Karena suka aja, lho.. bukan jawabany yang baik, kenapa suka slackware..?? Ada Banyak alasan kenapa saya memilih slackware, berikut adalah sekumpulan alasan termasuk yang saya kutip dari beberapa sumber.

Slackware itu Simple. Apa maksudnya slackware itu simpel? slackware merupakan distro linux tertua di dunia. kita dapat menginstall slackware dari dasar dan menginstall aplikasi aplikasi lain dengan mudah. Konfigurasi slackware masih original dan mudah untuk dipelajari dari dasar sehingga dapat dengan mudah dimodifikasi dan di konfigurasi sesuai kebutuhan (thats open source). Saya senang menggunakan KISS Principle 😀

Slakware itu Stabil. Slackware merupakan distro yang stabil, knapa? karena slackware tidak akan dirilis sebelum semua paket paketnya dinyatakan stabil dan teruji. kebanyakan distro mementingkan jadwal release yang teratur sehingga meskipun paket dan aplikasi di dalamnya belum stabil. untuk itu slackware lebih memlih paket paket yang sudah stabil dan layak dipakai.

Base On Console. I love Console, kenapa? karena console adalah base utama dari sistem operasi linux. banyak orang yang lebih memilih gampang dipakai ketimbang gimana caranya sistem operasi itu bekerja.

Developement Easy. Slackware sangat cocok untuk developer, kenapa? slackware secara default sudah menyertakan paket paket untuk development, seperti bahasa pemograman dan tool tools pemrograman yang sangat lengkap.

Library Komplit. Slackware merupakan distro yang library nya cukup komplit by default, ini sangat memudahkan kalau kita melakukan installasi aplikasi tambahan sehingga tidak direpotkan oleh dependensi dll. Termasuk library untuk codec juga sudah disupport oleh slackware sehingga tidak perlu repot2 memasang codec dll, langsung bisa dipakai untuk multimedia (audio dan video).

Manajement Paket. Manajement paket pada slacwkare sangat mudah, walaupun berbasis konsole tapi nyaman untuk digunakan. Slackware mnggunakan pkgtool sebagai tools manajement paketnya. Selain itu slackware juga bisa dipasang slapt-get yang mirip seperti apt-get pada ubuntu dkk. Disamping itu, slackware juga punya slack-build untuk memudahkan user dalam manajemen paket dan aplikasi.

Support. Slackware memiliki komunitas yang sangat luas sehingga support untuk trouble dan kendala kendala sangat mudah didapatkan baik melalui komunitas, forum, situs resmi slackware dan blog-blog. 🙂

Selamat Belajar slackware, karena slackware itu linux, linux itu slackware. Untuk memulai belajar linux sangat disarankan untuk menggunakan slacware, karena sangat sederhana, simple, mudah dan sangat dasar. Bahkan ada kutipan di internet yang menyatakan “If you want to learn Red Hat, then start learning Red Hat, but if you want to learn Linux, start learning Slackware